Categories
Uncategorized

Cara Pintar Mengatasi Genset 1 Phase yang Tidak Keluar Tegangannya

Genset atau generator set merupakan suatu alat yang bisa menghasilkan energi listrik melalui sumber energi mekanik lewat induksi elektromagnetik. Ada banyak jenis genset yang bisa Anda temukan di pasaran, salah satunya yaitu genset 1 phase. Meskipun mudah pengoperasiannya, namun tidak menutup kemungkinan jika suatu saat genset tersebut tidak mau keluar tegangannya. Jika hal tersebut terjadi, maka apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini kami mengulasnya untuk Anda!

  • Ketika keluaran tegangannya tidak mau keluar, maka Anda bisa melakukan pengecekan lebih dulu pada bagian breaker genset tersebut apakah sudah dinaikkan atau belum. Kebanyakan para pengguna genset lupa dengan hal ini.
  • Selanjutnya ukurlahh keluaran pada breaker di bagian terminal outgoing. Dimana antara phase yang satu dengan yang lainya seharusnya 380 – 400 volr (R-S), (R-T), (S-T) atau 220 – 240 volt antara phase netralnya (R-N), (S-N), (T-N). untuk genset 1 phase biasanya sekitar 220 volt.
  • apabila bagian breakernya sudah dinaikkan, namun tidak ada listrik yang keluar, maka terdapat kemungkinan jika kabel power genset 1 phase terbaik Anda berada dalam keadaan shot (terhubung langsung). Jika terjadi short sebelum genset dinyalakan maka tidak akan membuat genset mengalami kerusakan. Tetapi, pada genset kecil dijamin akan langsung mengalami kerusakan yang sangat fatal.
  • Apabila bagian breakernya tidak mengalami masalah, tetapi tetap tidak keluar tegangannya, maka sangat besar kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian AVR-nya.
  • Tetapi, jika ternyata teknisi sudah melakukan pemeriksaan pada AVR dan ternyata tetap tidak keluar tegangan keluarannya, maka bisa jadi bagian rotating dioe pada bagian exciternya yang mengalami kerusakan dan Anda harus segera melakukan penggantian.
  • Jika diodenya sudah baru, tetapi masalah masih tetap terjadi, maka kemungkinan lainnya terjadi pada bagian gulungan exciternya yang mengalami masalah, entah itu di bagian rotor ataupun statornya.
  • Selain itu, hal selanjutnya yang harus Anda cek adalah bagian kabel saluran tegangannya. Anda bisa lihat apakah kabelnya masih dalam kondisi baik atau mengalami kerusakan seperti terbakar, putus dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *